Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Bahasa Bugis Menjadi Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Gantarang Kabupaten Bulukumba

Mahrus, Mahrus (2016) Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Bahasa Bugis Menjadi Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Gantarang Kabupaten Bulukumba. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mahrus, 2016. “Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Bahasa Bugis Menjadi Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Gantarang Kabupaten Bulukumba”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, Dibimbing oleh H. Muhammad Taufik dan Baharman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mengubah teks wawancara bahasa bugis menjadi narasi bahasa bugis siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bersifat deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gantarang Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 128 siswa terbagi dalam 4 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes tertulis dalam bentuk essai yang terdiri dari 3 aspek penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengubah teks wawancara bahasa bugis menjadi narasi bahasa bugis siswa kelas VII Di SMP Negeri 4 Gantarang Kabupaten Bulukumba berdasarkan hasil tes kemampuan siswa hanya 15 siswa ½ (50%) yang mampu mendapat nilai >75. dan, sebanyak 15 siswa ½ (50%) yang mendapat nilai <75. Berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil analisis data, dinyatakan bahwa Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Bahasa Bugis Menjadi Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Gantarang Kabupaten Bulukumba dikategorikan tidak mampu karena tingkat penguasaan siswa tidak mencapai kriteria yang telah ditetapkan, yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Apr 2019 06:05
Last Modified: 01 Apr 2019 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item