Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar Fisika, Hasil Belajar Fisika

Amirullah, Amirullah (2013) Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar Fisika, Hasil Belajar Fisika. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Amirullah.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk:(1)Mengembangkan perangkat pembelajaran fisika bernuansa ayat-ayat Al-Qur’an pokok bahasan cahaya di SMPIT Al-Fityan School Gowa.(2)Mengetahui sikap yang positif bagi peserta didik SMPIT Al-Fityan School yang diajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika bernuansa ayat-ayat Al-Qur’an (3) Mengetahui hasil belajar fisika peserta didik SMPIT Al-Fityan School Gowa yang diajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika bernuansa ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dimana produk yang diinginkan adalah perangkat pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan. Produk tersebut adalah: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) buku peserta didik (BPD) dan (3) Lembar kerja peserta didik (LKPD). Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model Kemp. Proses pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar pengamatan, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa (1)perangkat pembelajaran yang dikembangkan merupakan perangkat pembelajaran yang baik karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, (2) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan kategori peningkatan sedang, dan (3)respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran berbasis masalah dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis masalah umumnya memberikan respon positif KATA KUNCI: Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar Fisika, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:32
Last Modified: 14 Nov 2016 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item