PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, HASIL BELAJAR, DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA

HASMIATI, HASMIATI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, HASIL BELAJAR, DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, PASCASARJANA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model PBL merupakan salah satu model yang direkomendasikan dalam kurikulum 2013.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learing (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one group pretestpostest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas X MIA di SMAN 10 Gowa, sampel yang dipilih adalah kelas X MIA 3 yang ditentukan secara purposive sampling.Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis statistik inferensial dengan uji paired sample test (uji-t berpasangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi0.00≤ α = 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learing (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA. Kata kunci: Model problem based learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, sikap peduli lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:12
Last Modified: 18 Feb 2019 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item