Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Problem Posing Termodifikasi Setting Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 2 Bulukumba.

SYUFRI, MUHAMMAD (2013) Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Problem Posing Termodifikasi Setting Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 2 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muhammad sufri.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD SYUFRI. 2013. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Problem Posing Termodifikasi Setting Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 2 Bulukumba. (Dibimbing oleh Ketua Suradi Tahmir serta Anggota Muhammad Darwis) Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika materi Dimensi Tiga melalui penerapan pendekatan problem posing setting kooperatif tipe Think-Pair-Share pada Kelas X-1 SMA Negeri 2 Bulukumba?”, dan (2) Meningkatkan kualitas hasil belajar matematika materi Dimensi Tiga setelah diterapkan pendekatan problem posing setting kooperatif tipe Think-Pair-Share pada Kelas X-1 SMA Negeri 2 Bulukumba. Subyek penelitian adalah semua siswa pada kelas X-1 (32 siswa) yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan terdiri data atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa pada siklus I berada pada kategori sedang dengan mean 74,38 dan standar deviasi 7,07, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 81%, serta kemampuan guru megelola pembelajran berada pada kategori sangat baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori baik dan respons siswa terhadap pembelajaran adalah positif. hasil belajar matematika siswa pada siklus II berada pada kategori tinggi dengan mean 78,94 dan standar deviasi 8,14, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 87%, serta kemampuan guru megelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan respons siswa terhadap pembelajaran adalah positif. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pendekatan problem possing setting koopertaif tipe TPS dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas hasil belajar matematika materi Dimensi Tiga dikelas X-1 SMA Negeri 2 bulukumba. ABSTRACT MUHAMMAD SYUFRI. 2013. Quality Improvement of Mathematics Learning on Three Dimensions Subject Material by Implementing Problem Posing of termodification Approach of Cooperative Setting of Think-Pair-Share Type of Grade X-1 Students at SMAN 2 Bulukumba. (Supervised by Suradi Tahmir and Muhammad Darwis). The study was a classroom action research, which aimed at improving (1) the quality of Mathematics learning process on Three Dimensions subject material by implementing problem posing approach of cooperative setting of Think-Pair-Share type of grade X-1 at SMAN 2 Bulukumba and (2) the quality of Mathematics learning outcomes on Three Dimensions subject material by implementing problem posing approach of cooperative setting of Think-Pair-Share type of grade X-1 at SMAN 2 Bulukumba. The subjects of the study were 32 grade X-1 students consisted of 12 male students and 20 female students. Data collection consisted of student’s learning outcomes, students’ activity in teaching and learning process, and students’ response to ward the learning. Data were analyzed using descriptive analysis. The results of the study revealed that students’ learning outcomes at cycle I was in fair category the mean score 74.38 and the standard of deviation 7.07, the classical mastery level was 81%, teacher’s ability in managing the learning was in extremely good category, stundents’ activity in learning was in good category, and students’ response toward learning was positive. Students’ learning outcomes at cycle II was in high category with the mean score 78.94 and standard of deviation 8.14, the classical mastery level was 87%, teacher’s ability in managing the learning was in extremely good category, students’ activity in learning was in extremely good category, and students’ response toward learning was positive. The conclusion of the study was problem posing approach of cooperative setting of Think-Pair-Share type could improve the quality of learning process and learning outcomes on Three Dimensions subject material at grade X-1 of SMAN 2 Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:20
Last Modified: 26 Oct 2016 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item