Restorasi Sinrilik Melalui Pembelajaran Literasi/Ekposisi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar

Garim, Idawati and Taufik, Taufik and Fitri, Sakinah (2018) Restorasi Sinrilik Melalui Pembelajaran Literasi/Ekposisi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 135-145. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Idawati Garim_Restorasi Sinrilik.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merestorasi sinrilik melalui pembelajaran literasi pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia, jurusan pendidikan bahasa, fakultas bahasa dan sastra Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “bagaimana merestorasi sinrilik melalui pembelajaran literasi pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia, jurusan pendidikan bahasa, fakultas bahasa dan sastra Universitas Negeri Makassar?”. Tujuan penelitian ini adalah memberikan penjelasan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang Sinrilik serta memberikan pertunjukan langsung tentang sinrilik sebagai salah satu tradisi lisan serta memperkenalkan hasil dokumentasi sinrilik baik berupa buku teks maupun video-video pertunjukan sinrilik kepada mahasiswa. Data peneltian meliputi analisis dan interpretasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan data yang berisi nilai edukatif dalam karya sastra yang menggunakan pendekatan psikologi sastra. Kemampuan mahasiswa dalam merestorasi dan menerjemahkan Sinrilik (Kelong Makassar) secara harfiah dan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia melalui pembelajaran literasi belum memadai dan perlu ada pemaparan dan pengungkapan berbagai makna dalam konteks sistem tradisi atau adat-istiadat dan konsepsi kultural yang terdapat dalam ketiga teks Sinrilik (Kelong Makassar) yang dikaji, dapat dijadikan sebagai landasan untuk memahami manusia dan budaya Makassar oleh karena itu Kelong perlu difungsikan sebagai media pendidikan, terutama pendidikan karakter. Demikian pula perlu difungsikan sebagai media dakwah Islam untuk menanamkan berbagai aspek-aspek Islam bersama dengan dalil-dalil agama lainnya. Kata Kunci : Restorasi Sinrilik, pembelajaran literasi dan kelong Makassar.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 28 Oct 2018 09:19
Last Modified: 28 Oct 2018 09:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item