RISNAWATI, RISNAWATI and Bastiana, Bastiana and Manda, Darman (2018) Adaptasi Sosial Siswa Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui pola adaptasi siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Makassar; (ii) untuk mengetahui strategi pembinaan dalam pengembangan adaptasi siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Makassar; (iii) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam perkembangan adaptasi sosial siswa penyandang tunarungudi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian adaptasi sosial, strategi pembinaan dan factor penghambat adaptasi sosial siswa penyandang tunarungu. Teknik penentuan informan porpusive sampling dengan jumlah informan 11 orang. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Anak tunarungu dalam beradaptasi dengan teman, guru, petugas, dan penjaga sekolah dengan menggunakan bahasa isyarat, bahasa oral, dan bahasa tubuh; (ii) Strategi pembinaan yang digunakan dalam mengembangkan adaptasi siswa penyandang tunarungu maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa model yang di gunakan diantaranya bahasa isyarat, artikulasi, oral, internal reflektif, dan senam mulut; (iii) Faktor yang menghambat perkembangan adaptasi siswa yaitu kurangnya komunikasi, pendengar terbatas, kurangnya kosa kata, minat belajar dalam kelas, suasana hati siswa yang suka berubah dan terdapat dua kelas dalam satu ruangan. Kata Kunci: Adaptasi Sosial, Siswa, Tunarungu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 01:38 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 01:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11264 |
Actions (login required)
View Item |