PENGEMBANGAN LKPD KIMIA BERBASIS PEMBELAJARAN ISLAM TERPADU MELALUI MODEL PBL DI SMAIT IBNU SINA MAKASSAR PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Ruslan, Zuhrah Adminira (2018) PENGEMBANGAN LKPD KIMIA BERBASIS PEMBELAJARAN ISLAM TERPADU MELALUI MODEL PBL DI SMAIT IBNU SINA MAKASSAR PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal PPs.docx

Download (907kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan LKPD Kimia Berbasis Pembelajaran Islam Terpadu Melalui Model PBL di SMAIT Ibnu Sina Makassar pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit, (2) menghasilkan LKPD Kimia Berbasis Pembelajaran Islam Terpadu Melalui Model PBL pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dapat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kriteria valid ditentukan dari penilaian para ahli yang meliputi aspek desain LKPD, tampilan, isi, bahasa, dan muatan Islam Terpadu. Berdasarkan nilai rerata aspek tersebut, maka diperoleh dari pakar (Va) sesuai dengan kategori yang diharapkan yaitu 4,5 (valid) sehingga layak digunakan. Kriteria praktis diperoleh dari tingkat keterlaksanaan penggunaan LKPD di kelas berdasarkan hasil observasi guru dan peserta didik serta angket respon praktisi yaitu pendidik dan peserta didik. Hasil observasi aktivitas guru (IO)diperoleh tingkat keterlaksanaan 4,4 (tinggi) dan hasil observasi aktivitas peserta didik (IO)diperoleh tingkat keterlaksanaan 4,3 (tinggi) sehingga praktis digunakan.Hasil angket respon praktisi terhadap penggunaan LKPD Kimia Berbasis Pembelajaran Islam Terpadu Melalui Model PBL menunjukkan lebih dari 75% pernyataan positif dipilih oleh pendidik dan 98% peserta didik setuju terhadap pernyataan positif pada angket sehingga memenuhi kriteria pencapaian praktis yang diharapkan. Kriteria efektif diperoleh dari nilai tes hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada ranah kognitif 76% hasil tes belajar peserta didik telah memenuhi nilai KKM. Sedangkan pada ranah afektif yaitu peserta didik menunjukkan sikap positif dalam proses pembelajaran dan pada ranah psikomotor ditunjukkan dari jawaban peserta didik pada LKPD yang menunjukkan kategori cukup terampil sehingga sesuai dengan kriteria pencapaian efektif yang diharapkan. Kata kunci : LKPD Kimia Pembelajaran Islam Terpadu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2018 02:20
Last Modified: 06 Sep 2018 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item