Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Sinjai

NURFATIHAH, NURFATIHAH (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Sinjai. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Discovery Learning merupakan model yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga peserta didik mampu menggunakan proses mentalnya untuk menemukan konsep pengetahuan yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Sinjai dibelajarkan model pembelajaran Discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, (2) hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Sinjai dibelajarkan model pembelajaran Discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, (3) pengaruh model pembelajaran Discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Sinjai, (4) pengaruh model pembelajaran Discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan jumlah populasi seluruh rombel kelas X MIPA semester genap SMA Negeri 5 Sinjai tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel masing-masing kelas 29 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Analisis data mengunakan uji analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil analisis inferensial dengan SPSS 20.0 for Windows diperoleh nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar peserta didik; (ii) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Discovery learning, motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2018 03:18
Last Modified: 05 Sep 2018 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item