Deskripsi Berpikir Pseudo dalam Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer

SUNIAR, UMMI (2018) Deskripsi Berpikir Pseudo dalam Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UMMI SUNIAR. 2018. Deskripsi Berpikir Pseudo dalam Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. (Dibimbing oleh Irwan Akib dan Ilham Minggi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir pseudo dalam pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitiatif. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa kelas XI MAN 2 Model Makassar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan angket VVQ untuk membedakan siswa yang bergaya kognitif visualizer dan verbalizer. Selanjutnya pemilihan subjek dengan mempertimbangkan nilai matematika siswa pada semester tiga. Selanjutnya subjek yang terpilih diberikan tes pemahaman konsep dan wawancara kepada setiap subjek. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: kedua subjek bergaya kognitif verbalizer mengalami berpikir pseudo konseptual benar pada konsep perkalian matriks, dimana kedua subjek tidak dapat menjelaskan alasan yang sesuai dengan konsep yang digunakan dalam tes pemahaman konsepnya, hal tersebut terjadi karena subjek mengalami ketidaksempurnaan pada pemahaman konsep perkalian matriksnya, sedangkan untuk subjek VB2 juga mengalami pseudo analitik, dimana proses terhadap perkalian matriks yang diberikan subjek tersebut tidak sesuai dengan proses perkalian matriks yang sebenarnya, subjek seolah telah melakukan kegiatan bersifat analitik tetapi aksi yang diharapkan tidak dilakukan oleh subjek. Sedangkan subjek VS1 mengalami berpikir pseudo konseptual salah pada soal nomor 2 dimana subjek mengalami asosiasi yang tidak terkontrol (spontanitas dalam memberikan jawaban), hingga dilakukan refleksi jawaban melalui perbaikan pemahaman. Sedangkan subjek VS2 mengalami berpikir pseudo konseptual benar yang disebabkan karena subjek mengalami konflik kognitif dalam pikirannya, dimana konsep dalam pikiran subjek tidak bisa subjek terapkan pada soal yang diberikan. Hal ini terjadi karena ketidaksempurnaan pemahaman konsep subjek. Kata Kunci: berpikir pseudo, pemahaman konsep matematika, gaya kognitif visualizer dan verbalizer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:59
Last Modified: 31 Aug 2018 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item