Ferawati, Ferawati (2015) Implementasi Model PembelajaranTreffingerdenganPendekatanSaintifikuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifdalamMemecahkanMasalahMatematikapadaSiswaKelas X SMAN 15 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptifkuantitatif yang melibatkansatukelompok yang diberiperlakuan. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswasebelumdansesudahimplementasimodel pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik.Populasipenelitianiniadalah seluruhsiswaKelas X SMA Negeri 15 Makassarpadasemester genap tahun ajaran 2014/2015 yang terdiridari8kelasdandipilihsecaraacak 1 kelassebagaisampelpenelitian.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tesberpikirkreatif (TBK 1danTBK 2)untukmengukurkemampuanberpikirkreatifsiswa, lembarobservasikemampuan guru, lembarobservasiaktivitassiswadanangketresponsiswa. Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisisstatistikadeskriptifdaninferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaanpembelajarandengan menggunakanmodel pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik3,60(sangattinggi),(2) aktivitassiswaselamapembelajaranmenggunakan model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifiktermasukdalamkategoriaktif, (3) rata-ratapresentasesiswa yang memberiresponpositifterhadappelaksanaanpembelajarandengan model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifiksebesar 87%, (4)tingkatkemampuanberpikirkreatifsiswasebelumdiberikanpembelajaransangatrendahyaitusebesar 69% siswaberadapada TKBK 0(5) presentasesiswa yang mengalamipeningkatankemampuanberpikirkreatifsebesar 81 % (sangattinggi), (6) nilai rata-rata gain ternormalisasi 0,5079 (kategorisedang) Hasil analisis inferensial menunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswadalammemecahkanmasalahmatematikameningkatsetelahdiberikanpenerapandengan model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik. Kata Kunci:Implementasi, model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik,berpikirkreatif,masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 May 2018 09:13 |
Last Modified: | 09 May 2018 09:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8496 |
Actions (login required)
View Item |