Implementasi Model PembelajaranTreffingerdenganPendekatanSaintifikuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifdalamMemecahkanMasalahMatematikapadaSiswaKelas X SMAN 15 Makassar

Ferawati, Ferawati (2015) Implementasi Model PembelajaranTreffingerdenganPendekatanSaintifikuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifdalamMemecahkanMasalahMatematikapadaSiswaKelas X SMAN 15 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptifkuantitatif yang melibatkansatukelompok yang diberiperlakuan. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswasebelumdansesudahimplementasimodel pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik.Populasipenelitianiniadalah seluruhsiswaKelas X SMA Negeri 15 Makassarpadasemester genap tahun ajaran 2014/2015 yang terdiridari8kelasdandipilihsecaraacak 1 kelassebagaisampelpenelitian.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tesberpikirkreatif (TBK 1danTBK 2)untukmengukurkemampuanberpikirkreatifsiswa, lembarobservasikemampuan guru, lembarobservasiaktivitassiswadanangketresponsiswa. Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisisstatistikadeskriptifdaninferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaanpembelajarandengan menggunakanmodel pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik3,60(sangattinggi),(2) aktivitassiswaselamapembelajaranmenggunakan model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifiktermasukdalamkategoriaktif, (3) rata-ratapresentasesiswa yang memberiresponpositifterhadappelaksanaanpembelajarandengan model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifiksebesar 87%, (4)tingkatkemampuanberpikirkreatifsiswasebelumdiberikanpembelajaransangatrendahyaitusebesar 69% siswaberadapada TKBK 0(5) presentasesiswa yang mengalamipeningkatankemampuanberpikirkreatifsebesar 81 % (sangattinggi), (6) nilai rata-rata gain ternormalisasi 0,5079 (kategorisedang) Hasil analisis inferensial menunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswadalammemecahkanmasalahmatematikameningkatsetelahdiberikanpenerapandengan model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik. Kata Kunci:Implementasi, model pembelajaranTreffingerdenganpendekatansaintifik,berpikirkreatif,masalah matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 09:13
Last Modified: 09 May 2018 09:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item