Eksplorasi Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematikan Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Pangkep-SulSel

Ardian Ali, Ferdinandus (2015) Eksplorasi Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematikan Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Pangkep-SulSel. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Tesis.docx

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengekplorasi pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa berdasarkan gaya belajar mereka. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pangkajene Pangkep Propinsi Sulawesi Selatan. Subjek yang diteliti berjumlah 4 orang yakni 1 orang subjek bergaya belajar divergen, 1 orang subjek bergaya belajar assimilator, 1 orang subjek bergaya belajar konvergen dan 1 orang subjek bergaya belajar akomodator. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dipandu oleh tes pemahaman konsep dan tes penalaran matematika serta pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes pemahaman konsep dan tes penalaran matematika kepada masing-masing subjek dan selanjutnya dilakukan wawancara untuk menggali atau mengkonfirmasi hasil tes tertulis yang sudah dikerjakan oleh subjek. Proses penelitian dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap sebagai berikut: (a) merumuskan indikator pemahaman konsep dan indikator penalaran matematika berdasarkan teori yang relevan, (b) merumuskan instrumen pendukung seperti tes gaya belajar, tes materi prasyarat, tes pemahaman konsep dan tes penalaran matematika, serta pedoman wawancara, (c) melakukan pengambilan subjek penelitian dengan cara memberikan tes gaya belajar dan tes kemampuan prasyarat, (d) melakukan pengambilan data, (e) melakukan triangulasi waktu untuk mendapatkan data yang valid, (f) melakukan analisis data, (g) melakukan pembahasan hasil analisis data, dan (h) melakukan penarikan kesimpulan terhadap hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ke-empat subjek memiliki kesamaan dalam hal pemahaman konsep khususnya soal pada indikator mengaplikasikan konsep kedalam pemecahan masalah yakni ke-empat subjek menyelesaikan soal dengan menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi, (2) perbedaan pemahaman konsep dari ke-empat subjek terletak pada cara mereka yang berbeda dalam proses menyelesaikan setiap jenis soal yakni setiap subjek memiliki strategi penyelesaian soal yang berbeda antara satu dengan yang lain walaupun hasil yang mereka peroleh sama, (3) ke-empat subjek memiliki kesamaan dalam hal penalaran khususnya soal pada indikator memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi yakni ke-empat subjek menalar secara deduktif dalam menyelesaikan soal yang ada, (4) perbedaan penalaran dari ke-empat subjek terletak pada cara mereka yang berbeda dalam proses menyelesaikan setiap jenis soal yakni setiap subjek memiliki strategi penyelesaian soal yang berbeda antara satu dengan yang lain walaupun hasil yang mereka peroleh terdapat beberapa kesamaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:41
Last Modified: 30 Apr 2018 04:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8261

Actions (login required)

View Item View Item