Pengaruh Kemampuan Numerik, Kecerdasan Emosional, dan Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Matematika Santri Pesantren Se-Kota Watampone

Jamil, Muh (2015) Pengaruh Kemampuan Numerik, Kecerdasan Emosional, dan Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Matematika Santri Pesantren Se-Kota Watampone. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL_MUH. JAMIL_13B07066 (Autosaved).docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh (1) kemampuan numerik, kecerdasan emosional, dan menghafal Al-Qur’an secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika, (2) kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika, (3) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika, dan (4) menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Hidayatullah Bone, Pesantren Al-Junaidiyah Bone dan Sekolah Islam Athirah Kab. Bone pada bulan Juli sampai Agustus 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode expost facto. Populasi penelitian ini adalah santri kelas VIII Pesantren se-Kota Watampone. Sampel berjumlah 75 santri yang diambil dengan cara purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan numerik dan prestasi belajar, angket kecerdasan emosional dan wawancara menghafal Al-Qur’an. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kemampuan numerik, kecerdasan emosional, dan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika santri pesantren se-Kota Watampone secara simultan. Hal ini dibuktikan dengan nilai f-hitung 27,97 dan nilai p < 0,001. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan numerik terhadap peningkatan prestasi belajar matematika santri pesantren se-Kota Watampone secara parsial. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 3,26 dan nilai p = 0,02. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika santri pesantren se-Kota Watampone secara parsial. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 3,65 dan nilai p < 0,001. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika santri pesantren se-Kota Watampone secara parsial. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 3,34 dan nilai p = 0,01. Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama kemampuan numerik, kecerdasan emosional, dan menghafal Al-Qur’an memberikan sumbangan yang berarti kepada prestasi belajar matematika. Ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut dapat menjadi prediktor (penentu) yang baik bagi prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:03
Last Modified: 26 Apr 2018 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8123

Actions (login required)

View Item View Item