Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Peserta Didik Kelas X-MIA 8 di SMA Negeri I Sungguminasa.

HAMBALI, RAHMAWATI (2016) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Peserta Didik Kelas X-MIA 8 di SMA Negeri I Sungguminasa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.doc

Download (99kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X-MIA 8 SMA Negeri 1 Sungguminasa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIA 8 SMA Negeri I Sungguminasa, Kabupaten Gowa tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 49 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas pembelajaran peserta didik dengan pendekatan inkuiri terbimbing mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 32% (kategori rendah) menjadi 72% (kategori tinggi) pada siklus II, (2) hasil observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II berada pada rentang 90% ≤NR ≤100%, sehingga dikategorikan sangat baik, (3) skor rata-rata LKPD mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 3.3 menjadi 4.0 pada siklus II, (4) skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan dari siklus sebesar 57.78 menjadi 94.27 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 63.15%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:43
Last Modified: 26 Apr 2018 03:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8117

Actions (login required)

View Item View Item