HAMBALI, RAHMAWATI (2016) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Peserta Didik Kelas X-MIA 8 di SMA Negeri I Sungguminasa. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
Artikel.doc Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X-MIA 8 SMA Negeri 1 Sungguminasa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIA 8 SMA Negeri I Sungguminasa, Kabupaten Gowa tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 49 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas pembelajaran peserta didik dengan pendekatan inkuiri terbimbing mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 32% (kategori rendah) menjadi 72% (kategori tinggi) pada siklus II, (2) hasil observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II berada pada rentang 90% ≤NR ≤100%, sehingga dikategorikan sangat baik, (3) skor rata-rata LKPD mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 3.3 menjadi 4.0 pada siklus II, (4) skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan dari siklus sebesar 57.78 menjadi 94.27 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 63.15%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 03:43 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 03:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8117 |
Actions (login required)
View Item |