Eksplorasi Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Islam Athirah Makassar

RUGAYYA, RUGAYYA (2015) Eksplorasi Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Islam Athirah Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
RUGAYYA.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menggambarkan bagaimana penalaran siswa bergaya kognitif Field Dependen (FD) dan siswa bergaya kognitif Field Indefenden (FI) dalam pemecahan masalah matematika. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai perencana, penganalisis dan pelapor hasil penelitian. Instrumen pendukung dalam penelitian ini tes pemecahan masalah matematika (TPMM) dan pedoman wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 4 (empat) orang yang terdiri dari 2 (dua) siswa bergaya kognitif Field Dependen dan 2 (dua) siswa bergaya kognitif Field Indefenden (FI). Pemilihan subjek berdasarkan pengkategorian dari hasil tes GEFT. Data yang terkumpul divalidasi dengan menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penalaran siswa bergaya kognitif Field Defenden (FD) dalam pemecahan masalah matematika yaitu melalui tahapan: (a) memahami masalah, yaitu memahami makna masalah melalui proses membaca, mengumpulkan informasi, memilih dan menetapkan konsep-konsep yang relevan dengan melakukan manipulasi. (b) merencanakan penyelesaian, yaitu melalukan dugaan awal kemudian melakukan manipulasi dengan menggunakan konsep yang relevan. (c) melakukan rencana penyelesain yaitu melakukan manipulasi kemudian menyusun bukti dan memberikan alasan atas kebenaran solusi. (d) melihat kembali, yaitu menarik kesimpulan dan memeriksa kesahihan argumen tanpa menggunakan catatan lain. (2) Penalaran siswa bergaya kognitif Field Indefenden (FI) dalam pemecahan masalah matematika yaitu melalui tahapan: (a) memahami masalah, yaitu memahami makna masalah melalui proses membaca, mengumpulkan informasi, memilih/menetapkan konsep-konsep yang relevan dengan melakukan manipulasi. (b) merencanakan penyelesaian, yaitu melaukan dugaan awal kemudian melakukan manipulasi dengan menggunakan konsep yang relevan. (c) melakukan rencana penyelesain yaitu melakukan manipulasi kemudian menyusun bukti dan memberikan alasan atas kebenaran solusi. (d) melihat kembali, yaitu menarik kesimpulan dan memeriksa kesahihan argumen dengan menggunakan catatan lain. Kata Kunci: penalaran, pemecahan masalah matematika, gaya kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:39
Last Modified: 26 Apr 2018 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8115

Actions (login required)

View Item View Item