Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Formal terhadap Keterampilan Generik Sains Peserta didik Kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar

MUTMAINNA, MUTMAINNA (2015) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Formal terhadap Keterampilan Generik Sains Peserta didik Kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal MUTMAINNA_13B08005.docx

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran keterampilan generik sains peserta didik yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan yang diajar dengan pembelajaran Discovery Learning; (2) Gambaran keterampilan generik sains peserta didik yang memiliki penalaran formal tinggi yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan yang diajar dengan pembelajaran Discovery Learning; (3) Gambaran keterampilan generik sains peserta didik yang memiliki penalaran formal rendah yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan yang diajar dengan pembelajaran Discovery Learning; dan (4) ada tidaknya interaksi antara pembelajaran kontekstual dan penalaran formal terhadap keterampilan generik sains pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar. Desain Penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 88 orang peserta didik. Kelas yang terpilih sebagai sampel ada dua kelas yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dua dengan jumlah peserta didik masing-masing terdiri dari 21 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varians dua arah GLM Univariat yang dilanjutkan dengan Uji Tukey yang dihitung secara manual dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan, tidak terdapat perbedaan keterampilan generik sains pada kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning; (2) Tidak terdapat perbedaan yang keterampilan generik sains antara kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning, pada kelompok peserta didik yang memiliki penalaran formal tinggi; (3) Tidak terdapat perbedaan keterampilan generik sains antara kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning, pada kelompok peserta didik yang memiliki penalaran formal rendah; dan (4) terdapat interaksi antara pembelajaran kontektual dan penalaran formal terhadap keterampilan generik sains peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 04:06
Last Modified: 10 Apr 2018 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7239

Actions (login required)

View Item View Item