Deskripsi Kesalahan Pemahaman Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas V SD Negeri Mappala Makassar

HAMKAH, MUH. (2015) Deskripsi Kesalahan Pemahaman Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas V SD Negeri Mappala Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Konsep pembelajaran merupakan unsur mendasar yang harus dipahami oleh siswa, karena belajar matematika merupakan belajar tentang konsep. Selain konsep, prosedur dalam pembelajaran matematika juga sangat penting untuk dipahami. Dengan prosedur dalam matematika maka akan memudahkan siswa dalam menggunakan simbol-simbol matematika dan menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Akan tetapi pada kenyataannya siswa mampu melaksanakan prosedur dalam menyelesaikan soal, namun konsep yang dimiliki siswa kurang. Kebanyakan siswa tidak mengerti kenapa mereka melakukan prosedur tersebut. Akibatnya siswa banyak melakukan kesalahan konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan soal matematika khususnya materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi pemahaman operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri Mappala Makassar? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri Mappala Makassar. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes diagnostik dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 4 (empat) orang, yang dibagi dalam dua kategori yaitu, 2 (dua) orang kemampuan tinggi dan dan 2 (dua) orang kemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kesalahan konseptual terjadi pada siswa kemampuan tinggi dan kemampuan rendah yaitu, Salah dalam memahami operasi hitung campuran bilangan bilangan bulat, tidak dapat menjelaskan suatu konsep. Kesalahan prosedural terjadi pada siswa kemampuan tinggi dan rendah, yaitu kesalahan dalam perkalian bilangan bulat, penggunaan tanda kurung dua dalam operasi hitung campuran bilangan bulat, , kesalahan pembagian dan perkalian bilangan bulat. Penyebab terjadinya kesalahan konseptual antara lain adalah, untuk Subjek kemampuan tinggi yaitu siswa tidak teliti dalam menuliskan kembali soal yang akan diselesaikan sehingga kesalahan tulisan soal menyebabkan kesalahan dalam proses penyelesaian, dan siswa kemampuan rendah yaitu kurangnya pemahaman terhadap aturan penyelesaian operasi hitung campuran sehingga dalam menyelesaiakan soal hanya berdasarkan urutan soal saja. Penyebab terjadinya kesalahan prosedural antara lain adalah Subjek kemampuan tinggi yaitu siswa terburu-buru dalam menyelesaiakan soal sehingga mengakibatkan ketidaktelitian dalam hasil yang berikan khususnya bada operasi yang melibatkan bilangan bulat negatif dan positif, subjek kemampuan rendah yaitu tidak dapat memahami dengan tepat konsep penyelesaian operasi hitung campuran bilangan bulat sehingga tidak mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan tepat, baik soal yang masih sederhana, maupun pada soal yang nilainya lebih tinggi atau soal rumit.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 01:14
Last Modified: 10 Apr 2018 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item View Item