“Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pembelajaran REACT ((Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terakreditasi “A” Di Kota Makassar”

DESTRI,, PAULA (2017) “Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pembelajaran REACT ((Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terakreditasi “A” Di Kota Makassar”. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKELKU.docx

Download (46kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi pembelajaran REACT dalam pembelajaran matematikapada siswa kelas VIII SMP Akreditasi A di Kota Makassar; (2)mendeskripsikan respon peserta didik dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi pembelajaran REACT dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIIISMP Akreditasi A di Kota Makassar; (3)mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi pembelajaran REACT dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII SMP terakreditasi “A” di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah adalahOne Group Pretest PosttestDesign.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Akreditasi A di Kota Makassar dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1)tes hasil belajar, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) lembar observasi aktivitas gurudan (4) angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terakreditasi “A” Di Kota Makassarditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor hasil belajar matematika pada posttest lebih besar dari 74.9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0.29 (kategori sedang), (b) rata-rata skor aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 70% aspek pengamatan berada pada kriteria waktu ideal, dan (d) rata-rata skor respons siswa lebih besar dari 3.5 (kategori positif). Hasil uji t dengan taraf siginifikan α = 0,05 pada hipotesis mayor yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) efektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Akreditasi “A” di Kota Makassar, dan hasil uji t-test dengan taraf siginifikan α = 0,05 pada hipotesis minor terhadap (1) hasil belajar (posttest, gain) (2) respons, hasil uji kesamaan dua proporsi terhadap ketuntasan klasikal,menunjukan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pembelajaran REACT(Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring)Efektif dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terakreditasi “A” Di Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:49
Last Modified: 05 Apr 2018 07:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6916

Actions (login required)

View Item View Item