Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe TGT Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Trigonometri Siswa Kelas X IPA SMANegeri 10 Bulukumba

ADININGSIH, EDANG (2016) Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe TGT Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Trigonometri Siswa Kelas X IPA SMANegeri 10 Bulukumba. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
(2) JURNAL EDANG ADININGSIH.docx

Download (80kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran motivasi dan hasil belajar trigonometri siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik, (ii) motivasi dan hasil belajar trigonometri siswa setelah diajar dengan model pmbelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan saintifik, (iii) apakah terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar trigonometri siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperati tipe TGT dengan pendekatan saintifik, (iv) apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar trigonometri siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperati tipe TGT dengan pendekatan saintifik, (v) apakah terdapat perbedaan motivasi belajar trigonometri siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperati tipe TGT dengan pendekatan saintifik, dan (vi) apakah terdapat perbedaan hasil belajar trigonometri siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik dan kooperatif tipe TGT dengan pendekatan saintifik. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Bulukumba tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 148 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi,angket, dan tes,kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model koperati tipe STAD pendekatan saintifik dengan siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe TGT pendekatan saintifik (ii) terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model koperati tipe STAD pendekatan saintifik dengan siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe TGT pendekatan saintifik, (iii) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD pendekatan saintifik dengan siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe TGT pendekatan saintifik, (iv) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD pendekatan saintifik dengan siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe TGT pendekatan saintifik. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kooperatif tipe stad, model pembelajaran kooperatif tipe tgt, pembelajaran saintifik, motivasi belajar, hasil belajar belajar, trigonometri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:49
Last Modified: 05 Apr 2018 07:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item