Pengaruh Inkuiri Terbimbing dengan Game Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep IPA Fisika ditinjau dari kemampuan penalaran ilmiah Siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang.

Alimin., Putriani (2017) Pengaruh Inkuiri Terbimbing dengan Game Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep IPA Fisika ditinjau dari kemampuan penalaran ilmiah Siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan game puzzle dengan yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang, (2) Menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan game puzzle dengan yang diajar menggunakan inkuiri terbimbing, khusus kelompok penalaran hipotetial deductive (HD) pada siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang, (3) Menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan game puzzle dengan yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing, khusus kelompok empirical inductive (EI), pada siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang, (4) menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan penalaran terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan game puzzle dan satu kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 160 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan dua kelas penelitian yang terdiri atas 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan game puzzle dengan yang diajar dengan menggunakan inkuiri terbimbing (2), terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan game puzzle dengan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa dengan kemampuan penalaran Hipotetical deductive (3) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar dengan menggunkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan game puzzle dengan yang diajar menggunakana inkuiri terbimbing untuk siswa dengan kemampuan penalaran empirical inductive, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan penalaran ilmiah terhadap pemahaman konsep fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:40
Last Modified: 05 Apr 2018 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item