Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Make a Match dan Team Games Tournament pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tellu Limpoe

IPETANG, IPETANG (2017) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Make a Match dan Team Games Tournament pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tellu Limpoe. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (34kB)

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis pra eksperimen dengan desain satu kelompok pretest-postest (The One Grup Pretest-Postest), yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif kombinasi Tipe Make a Match dan Team Games Tournament pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tellu Limpoe. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menguji hasil belajar matematika siswa kelas VIII8 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif kombinasi Tipe Make a Match dan Team Games Tournament, (2) untuk mengetahui respon siswa kelas VIII8 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif kombinasi Tipe Make a Match dan Team Games Tournament, (3) untuk mengetahui aktivitas siswa kelas VIII8 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif kombinasi Tipe Make a Match dan Team Games Tournament. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VIII8 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 27 orang yang diberi perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi Tipe Make a Match dan Team Games Tournament. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar pengamatan, dan angket. Indikator keefektifan pembelajaran dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar, (2) aktivitas siswa dan (3) respon siswa. Jika ketiga indikator menunjukkan hasil yang positif, maka pembelajaran dikategorikan efektif. Berdasarkan analisis statistika deskriptif dan inferensial menggunakan uji T diperoleh (1) hasil belajar siswa berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 85,52 dan ketuntasan klasikal mencapai 89%; (2) aktivitas siswa berada pada kategori aktif sekali yaitu 81,5%; (3) persentase rata-rata respons siswa diperoleh 91% berada dalam kategori positif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:42
Last Modified: 04 Apr 2018 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6755

Actions (login required)

View Item View Item