Muhlisa., Nurul (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Dengan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL NURUL MUHLISA.docx Download (129kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design dan rancangan faktorial 2×2 yang dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 5 Makassar dengan tujuan; Untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran langsung pada kelompok yang memiliki gaya belajar audiovisual dan kinestetik. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan analisis varians dua arah dengan SPSS 20 yang menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan yang diajar dengan model pembelajaran langsung; 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model discovery learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelompok bergaya belajar audio-visual. 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelompok bergaya belajar kinestetik. 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains fisika peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 03:22 |
Last Modified: | 04 Apr 2018 03:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6748 |
Actions (login required)
View Item |