Keefektifan Pembelajaran Kooperatif dengan Penerapan Kombinasi Metode Peer Teaching dan Pemberian Tugas Terstruktur dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pinrang

IHATI, IHATI (2017) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif dengan Penerapan Kombinasi Metode Peer Teaching dan Pemberian Tugas Terstruktur dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1-8 BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
79-81 BAB V.docx

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif dengan penerapan kombinasi metode peer teaching dan pemberian tugas terstruktur dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pinrang ditinjau dari hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar dan respons siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (post test) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Angket respons siswa untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran. Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran kooperatif dengan penerapan kombinasi metode peer teaching dan pemberian tugas terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan penerapan kombinasi metode peer teaching dan pemberian tugas terstruktur efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pinrang setelah diberikan perlakuan. Hal ini ditunjukkan dari: (1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa dari post test adalah 80,10 yaitu berada pada kategori tinggi dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 89,7%. (2) Nilai rata-rata keseluruhan aktivitas siswa berada pada kategori aktif yaitu 3,2. (3) Nilai rata-rata respons siswa adalah 2,97 yaitu berada dalam ketegori positif. (4) Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran kooperatif dengan penerapan kombinasi metode peer teaching dan pemberian tugas terstruktur dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pinrang terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:41
Last Modified: 04 Apr 2018 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6741

Actions (login required)

View Item View Item