Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Takalar

BASDARMIAH B., BASDARMIAH B. (2016) Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Takalar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
04. Artikel.docx

Download (79kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen sesungguhnya (true eksperimen). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dua perlakuan, dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (diajar dengan metode demonstrasi) dan kelompok kontrol (diajar dengan pembelajaran konvensional). Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Seberapa besarkah tingkat motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi kelas X SMAN 3 Takalar? (2) Seberapa besarkah tingkat motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional kelas X SMAN 3 Takalar? (3) Seberapa besarkah tingkat hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi kelas X SMAN 3 Takalar? (4) Seberapa besarkah tingkat hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional kelas X SMAN 3 Takalar? (5) Apakah terdapat perbedaan yang dignifikan motivasi belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi dan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional kelas X SMAN 3 Takalar? (6) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi dan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional kelas X SMAN 3 Takalar?? Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata motivasi belajar fisika yang diajar menggunakan metode demonstrasi pada peserta didik kelas X SMAN 3 Takalar adalah sebesar 132,45 atau dalam kategori tinggi; (2) Rata-rata motivasi belajar fisika yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas X SMAN 3 Takalar adalah sebesar 131,35 atau dalam kategori tinggi; (3) Rata-rata hasil belajar fisika yang diajar menggunakan metode demonstrasi pada peserta didik kelas X SMAN 3 Takalar adalah sebesar 36,95 atau dalam kategori tinggi; (4) Rata-rata hasil belajar fisika yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas X SMAN 3 Takalar adalah sebesar 30,11 atau dalam kategori rendah; (5) Terdapat perbedaan yang tidak signifikan motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi dan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional kelas X SMAN 3 Takalar; (6) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi dan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional kelas X SMAN 3 Takalar;

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:52
Last Modified: 04 Apr 2018 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6732

Actions (login required)

View Item View Item