Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Geogebra dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu

Herman, Safri (2017) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Geogebra dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Safri.docx

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Mattirobulu ditinjau dari: (1) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media geogebra, (2) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media geogebra (3) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media geogebra. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu tanpa kelas kontrol dengan desain one grup pretest and posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas parallel. Sampel penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu yang berjumlah rata-rata 35 orang di setiap kelas, yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa (posttest) (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Jika ketiga indikator menunjukkan hasil yang terpenuhi dan signifikan, maka pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media geogebra terhadap pembelajaran matematika efektif. Hasil analisis statistika deskriptif rata-rata hasil belajar siswa (posttest) diperoleh 84,09 dengan ketuntasan klasikal 97% dan rata-rata nilai gain diperoleh 0,43 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata aspek keseluruhan aktivitas siswa diperoleh 3,2 yang berada pada kategori aktif dan rata-rata respons siswa diperoleh 3,5 yang berada pada kategori positif. Hasil analisis statistika inferensial menggunakan uji-t data tunggal (one sample t-test) pada hasil belajar siswa (posstest), nilai gain, ketuntasan klasikal, dan respons siswa diperoleh nilai signifikan dalam hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga analisis statistika inferensial terhadap hasil belajar siswa (posstest), nilai gain, ketuntasan klasikal, dan respons siswa signifikan. Berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial yang terpenuhi maka pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media geogebra terhadap pembelajaran matematika efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:26
Last Modified: 03 Apr 2018 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item View Item