Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan pemberian scaffolding metakognitif terhadap hasil belajar, respon siswa, aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase

KASMIATI., KASMIATI. (2017) Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan pemberian scaffolding metakognitif terhadap hasil belajar, respon siswa, aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel - KASMIATI.docx

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian experimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pitu Riase yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan pemberian scaffolding metakognitif terhadap hasil belajar, respon siswa, aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan untuk pembelajaran, satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar (postest). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa, lembar obervasi aktivitas siswa untuk mengetahui data tentang aktivitas siswa, dan angket respon siswa untuk memperoleh data respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan pemberian scaffolding metakognitif. Adapun data yang terkumpul dianalisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan (i) hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dengan Pemberian Scaffolding Metakognitif: skor rata-rata 65,58% setelah diterapkan skor rata-rata 84,58%. (ii) respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dengan Pemberian Scaffolding Metakognitif cenderung positif. (iii) Aktivitas guru menerapkan model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dengan Pemberian Scaffolding Metakognitif dengan kategori baik. (iv) Aktivitas siswa menerapkan model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dengan Pemberian Scaffolding Metakognitif sebesar 77,54% dikategorikan “Aktif”. (v) respon siswa menerapkan model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dengan Pemberian Scaffolding Metakognitif sebesar 3,15% dikategorikan “Cenderung Positif”. (vi) model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan pemberian scaffolding metakognitif efektif diterapkan pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 4 Pitu Riase.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:18
Last Modified: 03 Apr 2018 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6595

Actions (login required)

View Item View Item