Pengaruh Penggunaan Model Missouri Mathematics Project dengan Metode Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 21 Makassar.

Auliaul Fitrah, Samsuddin (2014) Pengaruh Penggunaan Model Missouri Mathematics Project dengan Metode Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 21 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Auliaul Fitrah Samsuddin.docx

Download (21kB)

ABSTRAK Auliaul Fitrah Samsuddin, 2014. Pengaruh Penggunaan Model Missouri Mathematics Project dengan Metode Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 21 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Ilham Minggi).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Missouri Mathematics Project dengan metode Index Card Match terhadap hasil belajar dimana aktivitas dan respon siswa juga dipertimbangkan. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dari lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa serta tes hasil belajar matematika, yaitu pretest dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan model Missouri Mathematics Project dengan metode Index Card Match dikategorikan baik dengan persentase 70.34% (2) aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan model Konvensional dikategorikan baik dengan persentase 68.58% (3) respon siswa pada proses pembelajaran dengan model Missouri Mathematics Project dengan metode Index Card Match dikategorikan baik dengan persentase 75.33% (4) respon siswa pada proses pembelajaran dengan model Konvensional dikategorikan baik dengan persentase 65.78% (5) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Index Card Match dikategorikan sedang dengan rata-rata 0.604. (6) the peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Konvensional dikategorikan sedang dengan rata-rata 0.516. Sedangkan dari hasil analisis statistika inferensial menggunakan uji Independent sample t test menunjukkan bahwa p-value yang diperoleh adalah 0.005, yang kurang dari α = 0.05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan metode Index Card Match lebih baik dibandingkan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, metode Index Card Match, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item