Efektivitas Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bulukumba

SUMARNI, SUMARNI (2017) Efektivitas Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SUMARNI 15B07098.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan satu kelas eksperimen, yakni kelas VII.B yang terdiri dari 20 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif, analisis statistika inferensial dan analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bulukumba setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika lebih dari 69,9 ≥ KKM, peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bulukumba signifikan dan berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bulukumba setelah diajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika mencapai ketuntasan klasikal, yakni hanya 80%; 2) aktivitas siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika berada pada kategori aktif; dan 3) respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika berada pada kategori baik. Berdasarkan kriteria keefektifan maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing promting dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika efektif untuk indikator aktivitas siswa dan respons siswa serta aspek Gain, KKM, dan efektif pada aspek ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:37
Last Modified: 29 Mar 2018 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6313

Actions (login required)

View Item View Item