Siswanto, Siswanto (2014) Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Siswanto.docx Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK Siswanto, 2014. Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Hisyam Ihsan, M.Si. dan Sabri, S.Pd., M.Sc.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping untuk kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar; (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode catatan linear (catatan biasa) untuk kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar; dan (3) pengaruh pemberian tugas dengan menggunakan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar pada semester genap 2013/2014 dan dipilih 2 kelas secara simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode catatan linear. Analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping lebih baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | ?? sch_mat ?? |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 06:38 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 06:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/627 |
Actions (login required)
View Item |