Keefektifan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina.

Santriani, Santriani (2014) Keefektifan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Santriani,.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Santriani, 2014. Keefektifan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar hasil belajar matematika siswa sebelum diajar melalui penerapan model ARCS pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina, (2) seberapa besar hasil belajar matematika siswa setelah diajar melalui penerapan model ARCS pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina, (3) apakah terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina setelah diajar dengan menggunakan model ARCS, (4) apakah model ARCS efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 dan dipilih 1 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa sebelum diajar dengan menggunakan model ARCS berada dalam kategori sangat rendah dengan rata-rata 28,91 dengan standar deviasi 20,72 dari skor ideal 100, (2) hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan menggunakan model ARCS berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 83,55 dengan standar deviasi 12,56 dari skor ideal 100, (3) rata-rata persentase setiap kategori aktivitas siswa berada pada rentang waktu ideal, (4) persentase rata-rata siswa yang memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model ARCS sebesar 99,09%. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model ARCS. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARCS efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cina. Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran ARCS, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:38
Last Modified: 29 Apr 2016 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item