Hubungan Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng

HASNIATI, NIA (2017) Hubungan Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL NIA .docx

Download (37kB)

ABSTRAK Hasil belajar Biologi siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya motivasi belajar, gaya belajar, dan kesadaran metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan motivasi belajar siswa, (ii) mendeskripsikan gaya belajar siswa, (iii) mendeskripsikan kesadaran metakognitif siswa, (iv) mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa, (v) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi siswa (vi) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar Biologi siswa, (vii) mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar Biologi siswa dan (viii) mengetahui hubungan antara motivasi belajar, gaya belajar, dan kesadaran metakognitif secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2006/2017 dengan jumlah sampel sebanyak 271 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket motivasi belajar siswa, (2) angket gaya belajar siswa, (3) angket kesadaran metakognitif siswa, (4) hasil belajar Biologi diperoleh dari dokumentasi nilai hasil ujian semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) motivasi belajar siswa berada pada kategori cukup tinggi, yakni mencapai 52,02%, (ii) gaya belajar siswa didominasi tipe gaya belajar kinestetik, yakni sebanyak 49,44%, (iii) kesadaran metakognitif siswa berada pada kategori berkembang baik, yakni mencapai 68,63%, (iv) hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, yakni mencapai 63,09%, (v) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,142, (vi) terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar Biologi siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,331, (vii) terdapat hubungan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar Biologi siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,358, (viii) terdapat hubungan antara motivasi belajar, gaya belajar, dan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,398.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:14
Last Modified: 28 Mar 2018 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item