MAJID, AHMAD FARHAM (2017) Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Nasional Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL TESIS - Discovery Learning - AHMAD FARHAM MAJID (15B07002).docx Download (70kB) |
Abstract
ABSTRAK Problematika pendidikan yang semakin kompleks menuntut adanya inovasi pembelajaran yang terus terbarukan. Rendahnya motivasi dan minat siswa untuk mengikuti pelajaran matematika berimbas kepada tingkat prestasi belajar siswa yang masih berada pada kategori rendah. Berdasarkan uraian masalah tersebut, maka perlu adanya suatu pembelajaran yang dapat membelajarkan siswa dalam memberikan kesempatan untuk aktif dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuannya lewat suatu penemuan dan pengembangan sendiri suatu konsep atau fakta sehingga pengetahuan itu diperoleh siswa lewat kegiatan menemukan sendiri. Model pembelajaran discovery learning merupakan salah satu di antaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran discovery learning ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Nasional Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Nasional Makassar dan sampelnya adalah kelas XI TKJ1 sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar matematika, angket motivasi belajar matematika, lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran, dan angket respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran discovery learning, skor prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi dengan mean sebesar 84.97 dengan standar deviasi 9.17, ketuntasan secara klasikal sebesar 86.7%, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang yakni 0.59, skor rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi yakni 4.48, aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori aktif dengan mean sebesar 4.12, dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning adalah positif dengan mean sebesar 4.42. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dinyatakan efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Nasional Makassar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 02:41 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 02:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6162 |
Actions (login required)
View Item |