Peningkatan Hasil Belajar dan Disposisi Matematis melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba

AGUSTINAWATI, AGUSTINAWATI (2017) Peningkatan Hasil Belajar dan Disposisi Matematis melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1. BAB I-V (1-78).docx

Download (107kB)

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar matematika terus dilaksanakan. Guru telah banyak menggunakan berbagai strategi dan model pembelajaran yang menjadi alternatif pilihan, namun sampai saat ini belum mendapatkan hasil yang memuaskan terutama pada proses pembelajaran berlangsung. Masih banyak siswa cendrung berdiam diri, tidak berpikir keras untuk menyelesaikan permasalahan sehingga aktifitas mereka kurang saat di kelas. Bahkan sebagian besar dari siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Untuk menjawab tantangan tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based Learningdengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar dan disposisi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba? dan (2) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar dan disposisi matematis siswa kelas XMIPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba?.Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar dan disposisi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba, dan (2) Peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis melaluli penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Bulukumba dengan subjek penelitian pada kelas X MIPA 2 semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar pada ranah kognitif, kemudian selanjutnya data yang diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas, tes hasil belajar, dan angket disposisi matematis selama mengikuti proses belajar mengajar dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran matematika meningkat setelah diterapkannya model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik, dan (2) hasil belajar dan disposisi matematis meningkat setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba dapat meningkat. Kata Kunci:Hasil Belajar, Disposisi Matematis, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 06:47
Last Modified: 20 Mar 2018 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item