Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari minat belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung

Musfirah, Nurul (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari minat belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Nurul Musfirah.docx

Download (48kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment menggunakan desain faktorial 2×2 yang dilaksanakan di kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMAN 1 Tinambung Kab. Polewali Mandar dengan tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Untuk menganalisis perbedaan antara pemahaman konsep fisika pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional, 2) Untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik dengan minat belajar tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional 3) Untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik dengan minat belajar rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing denganyang diajar secara konvensional, dan 4) Untuk menganalisis ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar pada pencapaian pemahaman konsep fisika peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu; 1) tahap persiapan yang meliputi observasi awal pada sampel penelitian dan penyusunan perangkat dan instrumen penelitian termasuk validasi isi dan empiris, 2) tahap pelaksanaan berupa pemberian angket minat belajar pada peserta didik, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol, 3) tahap akhir dengan pemberian tes pemahaman konsep yang kemudian dilakukan analisis untuk uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan analisis varians dua arah yang menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang siginifikan antara pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika dengan minat belajar tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang diajar secara konvensional, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika dengan minat belajar rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang diajar secara konvensional, dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar pada pencapaian pemahaman konsep fisika peserta didik, pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:41
Last Modified: 20 Mar 2018 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item