Profil Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Pemecahan Masalah Siswa yang Memiliki Pemahaman Konsep Kategori Tinggi di SMP Negeri 1 Sungguminasa

ALFISYAHRA, ALFISYAHRA (2016) Profil Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Pemecahan Masalah Siswa yang Memiliki Pemahaman Konsep Kategori Tinggi di SMP Negeri 1 Sungguminasa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)

Abstract

TABSTRAK Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Tingkat pemahaman konsep dapat menyebabkan perbedaan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, khususnya dalam bernalar dan mengkoneksikan ide-ide matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil kemampuan penalaran dan koneksi matematis dalam pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes pemahaman konsep matematika, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara yang valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan diverifikasi dengan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XIB SMP Negeri 1 Sungguminasa yang terdiri dari tiga orang dengan pemahaman konsep kategori tinggi. Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator-indikator kemampuan penalaran dan koneksi matematis, (b) merumuskan instrumen pendukung (tes pemahaman konsep matematika, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawncara) yang valid dan reliabel, (c) melakukan pengambilan subjek penelitian berdasarkan tingkat pemahaman konsep, (d) melakukan pengambilan data untuk mengungkapkan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa dengan tes pemecahan masalah matematika, (e) melakukan traingulasi metode untuk mendapatkan data yang valid, (f) melakukan analisis data, (g) melakukan pembahasan analisis data, (h) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (a) subjek dengan pemahaman konsep kategori tinggi (PKT) menunjukkan kecenderungan penalaran thing-making, asosiatif, kreatif, algoritmik, dan deduktif (b) subjek dengan pemahaman konsep kategori tinggi (PKT) menunjukkan kecenderungan melakukan koneksi berdasarkan fakta-fakta dalam soal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:05
Last Modified: 15 Mar 2018 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item