Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar.

Murjaba, Murjaba (2014) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Mujahid Zulfadli Aulia Rahman.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MURJABA. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Melibatkan Kearifan Lokal di Kelas VII.1 SMP Negeri 4 Bulukumba Kabupaten Bulukumba (Dibimbing oleh H. Nurdin Arsyad dan Awi Dassa). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Materi Ajar, LK, , RPP dan Tes Hasil Belajar untuk siswa kelas VII.1 SMP Negeri 4 Bulukumba . Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid dan 2 orang pengamat dengan hasil penilaian berada pada kategori baik. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 4 Bulukumba dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Dari hasil analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal memenuhi kriteria praktis dan berada dalam kategori baik. Dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif, yakni: (1) hasil belajar matematika memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 88% sehingga ketuntasan klasikal juga tercapai, (2) aktivitas siswa berjalan sesuai yang diharapkan, dan (3) respon siswa memenuhi kriteria respon positif. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kata Kunci: Pembelajaran, Matematika Realistik, Kearifan lokal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:09
Last Modified: 28 Apr 2016 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item