Pengaruh Iklim Kelas, Sikap Siswa Pada Matematika, Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Di Kecamatan Kolaka Kabupaten Kolaka (dibimbing oleh Arif Tiro dan Suwardi Annas)

Made, Subawo (2014) Pengaruh Iklim Kelas, Sikap Siswa Pada Matematika, Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Di Kecamatan Kolaka Kabupaten Kolaka (dibimbing oleh Arif Tiro dan Suwardi Annas). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MADE SUBAWO. 2014..docx

Download (13kB)

ABSTRAK Made Subawo, 2014. Pengaruh Iklim Kelas, Sikap Siswa Pada Matematika, Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Di Kecamatan Kolaka Kabupaten Kolaka (dibimbing oleh Arif Tiro dan Suwardi Annas)Hasil belajar matematika menjadi salah satu tolak ukur tinggi rendahnya kualitas suatu proses pembelajaran matematika. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika, namun penelitian ini kajiannya hanya dibatasi pada iklim kelas, sikap siswa pada matematika, persepsi siswa pada matematika dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh iklim kelas, sikap siswa pada matematika, persepsi siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa kelas VII SMP di kecamatan Kolaka kabupaten Kolaka Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Kolaka kabupaten Kolaka sebanyak 227 siswa tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan proporsional claster random sampling. Instrumen yang digunakan: 1) skala iklim kelas, 2) skala sikap siswa pada matematika, 3) skala persepsi siswa pada matematika, 4) skala motivasi belajar, 5) tes hasil belajar matematika kelas VII. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari 227 siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Kolaka kabupaten Kolaka memiliki: iklim kelas dengan kategori tinggi, sikap siswa pada matematika dengan kategori tinggi, persepsi siswa pada matematika dengan kategori tinggi, motivasi belajar dengan kategori tinggi dan hasil belajar kognitif dengan kategori tinggi; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim kelas baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) sikap siswa pada matematika berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; 4) persepsi siswa pada matematika berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; 5) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:08
Last Modified: 28 Apr 2016 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item