. Perilaku Belajar Dan Proses Berpikir Siswa Pemenang Olimpiade Dalam Memecahkan Soal OSN (Dibimbing oleh Alimuddin dan Ilham Minggi).

Kaharuddin, Kaharuddin (2014) . Perilaku Belajar Dan Proses Berpikir Siswa Pemenang Olimpiade Dalam Memecahkan Soal OSN (Dibimbing oleh Alimuddin dan Ilham Minggi). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
KAHARUDDIN. 2014.docx

Download (15kB)

ABSTRAK KAHARUDDIN. 2014. Perilaku Belajar Dan Proses Berpikir Siswa Pemenang Olimpiade Dalam Memecahkan Soal OSN (Dibimbing oleh Alimuddin dan Ilham Minggi).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perilaku belajar dan proses berpikir siswa pemenang Olimpiade dalam memecahkan soal OSN. Subjek Penelitian ini ada 2 orang yang merupakan juara 1 dan juara 5 Olimpiade Matematika tingkat Propinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2013.instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang di pandu oleh angket perilaku belajar, tes pemahaman matematika dan pedoman wawacara yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan wawancara berbasis tes. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang yang merupakan juara 1 dan 5 Olimpiade Matematika tingkat Propinsi Sulawesi Selatan.Proses penelitian mengikuti tahap-tahap :(a) merumuskan indikator proses berpikir berdasarkan teori dan penelitian yang relevan, (b) merumuskan instrumen pendukung (tes pemahaman matematika dan pedoman wawancara) yang valid dan reliabel, (c) melakukan pengambilan subjek penelitian berdasarkan hasil seleksi Olimpiade Matematika tingkat SMP tahun 2013, (d) melakukan pengambilan data untuk mengungkap perilaku belajar dan proses berpikir dalama memecahkan soal OSN, (e) melakukan triangulasi waktu untuk mendapatkan data yang valid, (f) melakukan analisis data proses berpikir siswa dalam memecahkan soal OSN (g) melakukan pembahasan hasil analisis, (h) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan:(a) subjek pertama memiliki perilaku belajar yaitu terbentuk kebiasaan berlatih mengerjakan soal-soal matematika yang sifatnya menantang, meluangkan waktu untuk belajar baik di rumah maupun di sekolah, membuat jadwal untuk belajar dengan benar, subjek dapat belajar dengan baik sambil mengunyah sesuatu, (b) subjek kedua memiliki perilaku belajar yaitu terbentuk kebiasaan berlatih mengerjakan soal-soal yang sifatnya menantang, membuat catatan tersendiri yang lebih menarik untuk lebih memahami dalam belajar matematika, belajar matematika pada waktu malam hari, (c) proses berpikir subjek pertama dan subjek kedua dalam memecahkan soal OSN yaitu subjek mengidentifikasi masalah, memanipulasi kedalam bentuk sederhana, menggunakan algoritma, melakukan matematisasi dan menganalisis dan subjek menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:07
Last Modified: 28 Apr 2016 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item