Jalil Setiawan Jamal. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.

Jalil Setiawan, Jamal (2013) Jalil Setiawan Jamal. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jalil Setiawan Jamal..docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Jalil Setiawan Jamal. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurusan Matematika. FakultasMatematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Benteng yang diajarkan menggunakan pembelajaran ARIAS (2) Bagaimana kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Benteng yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (3) apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Benteng yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Benteng yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung. Satuan Eksperimental ini adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-A sebagai kelas kontrol di SMP Muhammadiyah Benteng. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah Benteng sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 20,2 berada pada kategori kurang dengan angka persentase sebesar 65% (2) Rata-rata kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah Benteng setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 38,2 berada pada kategori sedang dengan angka persentase sebesar 30% (3) Rata-rata kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah Benteng sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran ARIAS adalah 20,16 berada pada kategori kurang dengan angka persentase sebesar 63% (4) Rata-rata kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII-B SMPMuhammadiyah Benteng setelah diajarkan menggunakan model pembelajaranARIAS adalah 73,84 berada pada kategori baik dengan angka persentase sebesar 26%. Dari hasil analisis inferensial diperoleh angka signifikan p<0.001<0.05 sehingga Ho ditolak atau ada pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model ARIAS lebih meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:07
Last Modified: 28 Apr 2016 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item