Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Pembelajaran Aktif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas VII3 MTs Negeri Biringkanaya.

Faridha K, Faridha K (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Pembelajaran Aktif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas VII3 MTs Negeri Biringkanaya. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fardha K..docx

Download (14kB)

ABSTRAK Faridha K, 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Pembelajaran Aktif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas VII3 MTs Negeri Biringkanaya. Skripsi. Fakultas Maematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Pembelajaran Aktif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas VII3 MTs Negeri Biringkanaya materi garis dan sudut yang meliputi buku siswa, silabus, lembar kerja siswa, buku petunjuk guru dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII3 MTs Negeri Biringkanaya dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau 4 – D yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pembatasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran berbasis metode PAKEM yang telah dikembangkan, telah divalidasi dan mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah bersifat praktis dan efektif. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 77,14 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,565, dimana 35 dari 43 siswa atau 81,39% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (2) siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respons positif terhadap perangkat pembelajaran; dan (4) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran berbasis metode PAKEM termasuk dalam kategori tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan. Kata kunci: Metode Pembelajaran Aktif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Garis dan Sudut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:35
Last Modified: 28 Apr 2016 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item