Penelusuran Kemampuan Analisis Matematika Siswa dengan Penerapan Asesmen Proyek dalam Materi Statistika pada Kelas XI IPA I MAN 1 Makassar.

Andi Nurani M., Arifin (2015) Penelusuran Kemampuan Analisis Matematika Siswa dengan Penerapan Asesmen Proyek dalam Materi Statistika pada Kelas XI IPA I MAN 1 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Nurani M. Arifin, 2015.docx

Download (15kB)

ABSTRAK Andi Nurani M. Arifin, 2015. Penelusuran Kemampuan Analisis Matematika Siswa dengan Penerapan Asesmen Proyek dalam Materi Statistika pada Kelas XI IPA I MAN 1 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis matematika siswa dalam materi statistika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN I Makassar.Materi membaca data dalam bentuk tabel dan diagram, menyajikan data dalam bentuk tabel dan digram serta penafsirannya, dan menghitung ukuran pemusatan data, letak data, penyebaran data serta penafsirannya. Data diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian berupa assesmen proyek dalam bentuk Lembar Kerja Proyek Siswa (LKPS) dan kemudian dilanjutkan dengan wawancara terhadap subjek yang dipilih berdasarkan hasil LKPS yang telah dilakukan sebelumnya.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif tentang kemampuan analisis matematika siswa dalam materi statistika. Hasil dari penelitian ini diperoleh : (1) berdasarkan aspek analisis yang dikategorikan oleh Bloom (Kusumaningrum, 2012), kemampuan analisis matematika siswa dengan Penerapan Asesmen Proyek dalam Materi Statistika pada Kelas XI IPA 1 MAN 1 Makassar hanya berada pada kategori mengingat yaitu analisis bagian (unsur) seperti melakukan pemisalan fakta, unsur yang didefinisikan, argumen, aksioma (asumsi), dalil, hipotesis, dan kesimpulan. Siswa belum mampu berada pada kategori yaitu analisis hubungan (relasi) seperti menghubungkan antara unsur-unsur dari suatu sistem (struktur) matematika, (2) kemampuan analisis matematika siswa dengan menggunakan asesmen proyek dalam materi Statistika pada Kelas XI IPA MAN 1 Makassar yaitu siswa sudah mampu menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive, serta mengetahui apa yang dimaksud dengan ukuran pemusatan data dan penyebaran data tapi masih kurang dalam hal penafsiran data dan kurang teliti dalam mencari median, (3) kendala yang dialami oleh siswa Kelas XI IPA MAN 1 Makassar pada materi Statistika yaitu siswa belum mampu melakukan analisis lebih lanjut mengenai kuartil dan desil, siswa hanya mampu menentukan sampai dengan letak data kuartil dan letak data desil, sehingga hal ini menyebabkan proses perhitungan yang melibatkan nilai kuartil menjadi salah. Kata kunci: penelitian kualitatif, asesmen proyek, kemampuan analisis matematika vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:53
Last Modified: 27 Apr 2016 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item