PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIK PESERTA DIDIK

ERWINSYAH, ALFIAN (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIK PESERTA DIDIK. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (934kB)

Abstract

Alfian Erwinsyah1), Kaharuddin arafah2) 1)Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar 90222 Hp : 085242796764, Email : alfianerwinsyah@gmail.com 2)Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar Email : eltigakahar@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Peserta Didik (BPD), (3) Lembar Kegiatan Peserta Dididk (LKPD), (4) Lembar pengamatan aktivitas peserta didik, (5) Lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat, (6) Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, (7) Angket respon peserta didik, dan (8) Tes Kemampuan berpikir logik. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model dari Kemp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) define (pendefenisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) profil perangkat pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logik peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. (2) peningkatan kemampuan berpikir logik peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Sinjai Selatan setelah diajar dengan menggunakan perangkat fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang telah (3) respon peserta didik terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran fisika model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang diterapkan.Ujicoba perangkat dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. Berdasar kan hasil analisis data dan pembahasan, menunjukkan bahwa (i) Profil perangkat pembelajaran model kooperatif tipe investigasi kelompok berupa: : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Peserta Didik (BPD), (3) Lembar Kegiatan Peserta Dididk (LKPD), (4) Lembar pengamatan aktivitas peserta didik, (5) Lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat, (6) Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan (7) Angket respon peserta didik adalah valid, praktis, efektif (ii) Peningkatan kemampuan bepikir logik peserta didik setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe investigasi kelompok termasuk pada kategori rendah, (iii) Respon peserta didik terhadap perangkat dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran model kooperatif tipe investigasi kelompok umumnya memberikan respon positif. Kata Kunci: Investigasi kelompok, kemampuan berpikir logik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 06:11
Last Modified: 07 Feb 2018 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item