Pengaruh Model Pengajaran Langsung dengan Bantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Bulukumba pada Materi Larutan Penyangga. (Dibimbing oleh Muhammad Danial dan Mansyur).

NISAI, KHAERUN (2016) Pengaruh Model Pengajaran Langsung dengan Bantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Bulukumba pada Materi Larutan Penyangga. (Dibimbing oleh Muhammad Danial dan Mansyur). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment yang berbentuk nonequivalent control group design (post-test only). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (i) perbedaan kemampuan berpikir analitis antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung dengan bantuan modul dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung tanpa bantuan modul di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Bulukumba pada materi larutan penyangga; (ii) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung dengan bantuan modul dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung tanpa bantuan modul di kelas XI IPA Negeri 14 Bulukumba pada materi larutan penyangga. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Bulukumba. Kelas XI IPA terdiri dari XI IPA 1 dan XI IPA 2, dengan jumlah masing-masing siswa 19 orang. Instrumen penelitian terdiri dari dua yaitu instrumen hasil belajar dan instrumen kemampuan berpikir analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar dan tes kemampuan berpikir analitis setelah proses pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian indikator dan pemahaman siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dihitung menggunakan program SPSS 20 dengan analisis One-way Anova dengan kriteria pengujian: terima H0 jika signifikansi (p) yang diperoleh lebih besar dari α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (i) ada perbedaan kemampuan berpikir analitis antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung dengan modul dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung tanpa bantuan modul di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Bulukumba pada materi larutan penyangga; (ii) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung dengan bantuan modul dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung tanpa bantuan modul di kelas XI IPA Negeri 14 Bulukumba pada materi larutan penyangga. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pengajaran langsung dengan bantuan modul terhadap kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar. Kata kunci: Pengajaran Langsung, Modul, Berpikir Analitis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:02
Last Modified: 02 Nov 2017 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item