Jusman, Jusman (2017) PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
ARTIKEL TESIS JUSMAN.docx Download (61kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mendeskripsikan pemahaman konsep fisika mahasiswa yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing (2) mendeskripsikan pemahaman konsep fisika mahsiswa yang diajar dengan metodeinkuiri bebas termodifikasi (3) menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dengan inkuiri terbimbing. (4) menganalisis perbedaan pemahaman translasi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dengan inkuiri terbimbing. (5) menganalisis perbedaan pemahaman interpretasi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dengan inkuiri terbimbing. (6) menganalisisperbedaan pemahaman ekstrapolasi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dengan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitan eksperimen dengan desain posttest only control group design.Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar semister 2 terdiri dari 3 kelas dengan total populasi 106 orangmahasiswa. Sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih kelas B sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan inkuiri bebas termodifikasi dan Kelas Asebagai kelas yang diajar dengan menggunakan inkuiri terbimbing jumlah sampel masing-masing 33 dan 34 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep fisika melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing mahasiswa adalah sedang, (2) pemahaman konsep fisika melalui metode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi mahasiswa adalah sedang, (3) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelompok mahasiawa yang diajar dengan menggunakan inkuiri bebas termodifikasi dengan kelompok mahasiswa yag diajar dengan inkuiri terbimbing, (4) terdapat perbedaan pemahaman translasi antara kelompok mahasiawa yang diajar dengan menggunakan inkuiri bebas termodifikasi dengan kelompok mahasiswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing, (5) terdapat perbedaan pemahaman interpretasi antara kelompok mahasiawa yang diajar dengan menggunakan inkuiri bebas termodifikasi dengan kelompok mahasiswa yag diajar dengan inkuiri terbimbing dan (6) terdapat perbedaan ekstrapolasi fisika antara kelompok mahasiawa yang diajar dengan menggunakan inkuiri bebas termodifikasi dengan kelompok mahasiswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing. KataKunci: inkuiri terbimbing, inkuiri bebas termodifikasi, Pemahaman Konsep. ABSTRACT The purpose of the research was (1) to describe the understanding of physics concept of the students taught with guided inquiry and those taught with free modified inqury method . (2) to describe the understanding of physics concept of the students taught with free modified inquiry method. (3) to analyze the difference of physics concept understanding by using free modified inquiry and guided inquiry method. (4) to analize the difference of translation understanding by using free modified inquiry and guided inquiry teaching method. (5) to analize the difference of interpretation understanding by using free modified inquiry teaching and guided inquiry teaching method. (6) to analize the difference of extrapolation understanding by using free modified inquiry and guided inquiry teaching method. This research was experiment research with posttest only control group design. This research used two classes which one of them taught by free modified inquiry teaching method, while the other one taught by guided inquiry method. the population of the research was all of the second semester physics students of Tarbiyah and Teaching Training Faculty of Islamic State University of Alauddin Makasssar in academic year 2015 with total of population 106 students. The sample took randomly which devided into class A (consist of 34 students taught by guided inquiry method) and class B (consist of 33 students taught by free modified inquiry teaching method). The result of the research showed that (1) the understanding of physics concept by using guided inquiry method was moderate, (2) the understanding of physics concept by using free modified inquiry method was moderate, (3) there was different understanding of physics concept between students taught by guided inquiry method and those taught by free modified inquiry method, (4) there was different understanding of translation between the students taught by guided inquiry method and those taught by free modified inquiry method, (5) there was different understanding of interpretation between the students taught by guided inquiry method and those taught by free modified inquiry method (6) there was different understanding of extrapolation between the students taught by guided inquiry method and those taught by free modified inquiry method. Key word : guided inquiry, free modified inquiry, concept understanding.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 01:40 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 01:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3629 |
Actions (login required)
View Item |