PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES PERUMNAS IIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

HARDIANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES PERUMNAS IIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 sampul dll.docx

Download (97kB)
[img] Text
2 bab 1 fx.docx

Download (26kB)
[img] Text
3 bab II.docx

Download (56kB)
[img] Text
4 bab III.docx

Download (32kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
8 lampiran.docx

Download (5MB)

Abstract

HARDIANI, 2017. Pengaruh Penggunaan metode Sosiodrama terhadap Keterampilan berbicara siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi.Dibimbing oleh ahmad Syawaluddin,S.kom,M.Pd dan Drs.Nasaruddin,S.Pd,M.Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunan Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan mengunakan satu kelas sebagai kelas experimen yaitu kels V dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu Pengamatan langsung (observasi) dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pengamatn langsung keterampilan berbicara siswa kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t yaitu paired sampel t-test. Keterampilan berbicara siswa pada tes awal (pretest) berada pada kategori kurang, sedangkan keterampilan berbicara siswa pada tes ahir (posttest) berada pada kategori cukup. Terdapat perbedaan anatara nilai pretest dan nilai posttest Sig. (2-tailed<0,05). Adanya perbedaan menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SD Inpres perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:58
Last Modified: 28 Nov 2023 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34819

Actions (login required)

View Item View Item