PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 29 MARANA KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS

MUTMAINNAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 29 MARANA KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS.

[img] Text
1 sampul.docx

Download (32kB)
[img] Text
2 HALAMAN DEPAN.docx

Download (91kB)
[img] Text
3 BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
4 BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
5 BAB III.docx

Download (190kB)
[img] Text
8 lampiran.docx

Download (9MB)
[img] Text
9 RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (48kB)

Abstract

Mutmainnah, 2017. Pengaruh penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 29 Marana Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Skripsi ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu.,M.Ed dan Andi Dewi Riang Tati.,S.Pd.,M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya minat dan rendahnya kemampuan membaca pada siswa kelas II SDN 29 Marana. Hal ini disebabkan penggunaan media dan metode yang kurang menarik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 29 Marana kecamatan Lau kabupaten Maros?; bagaimanakah gambaran keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 29 Marana kecamatan Lau kabupaten Maros?; apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Big Book terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 29 Marana kecamatan Lau kabupaten Maros?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 29 Marana; untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 29 Marana; dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas II SDN 29 Marana. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi berjumlah 46 siswa dan sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling, yang melibatkan 2 kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah: Pada proses pembelajaran dengan menggunakan media Big Book terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SDN 29 Marana berada pada kategori baik, diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa, dan Pada tes membaca permulaan di kelas II SDN 29 Marana dengan menggunkan media Big Book berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 15,20 dengan standar deviasi 0,941 dari skor ideal 16. Dari hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (6,521 > 2,048) dan p-value < α yaitu 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 29 Marana. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media Big Book lebih meningkat dibandingkan dengan tidak menggunakan media.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:42
Last Modified: 28 Nov 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34817

Actions (login required)

View Item View Item