NURHIDAYAT (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BAWAKARAENG KOTA MAKASSAR.
Text
0 Sampul luar.docx Download (37kB) |
|
Text
1 Sampul dalam.docx Download (41kB) |
|
Text
2 Persetujuan Pembimbing.docx Download (23kB) |
|
Text
3 Pengesahan ujian skripsi.docx Download (15kB) |
|
Text
4 Keaslian skripsi- daftar lampiran.docx Download (30kB) |
|
Text
Bab I - V dan daftar pustaka.docx Download (105kB) |
|
Text
Lampiran 1- 44.docx Download (3MB) |
|
Text
Lampiran 36 - 39.docx Download (42kB) |
Abstract
Nurhidayat. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Skripsi. Di bimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj.St. Kasmawati, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bawakaraeng kota Makassar ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini yakni guru dan murid dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian seorang guru dan 37 murid kelas V SD Inpres Bawakaraeng, yang terdiri 16 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendeskripsikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran group investigation memberikan kesempatan kepada murid untuk memecahkan atau menangani suatu permasalah dalam pembelajaran IPA secara mandiri, serta dapat mengatur cara pembelajarannya secara mandiri yang lebih memberi kesan bagi murid setelah menemukan pemecahan dalam pembelajaran. Sehingga nilai hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V mengalami peningkatan yang pada siklus I berada pada kategori belum tuntas sedangkan pada siklus II berada pada kategori tuntas. Selain itu penerapan model pembelajaran group investigation menggunakan waktu yang sangat efisien pada setiap topik pembelajaran, dengan demikian penerapan model pembelajaran group investigasi dinyatakan dapat meningkatkan nilai hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 07:52 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 07:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34807 |
Actions (login required)
View Item |