PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BAWAKARAENG KOTA MAKASSAR

NURHIDAYAT (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BAWAKARAENG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
0 Sampul luar.docx

Download (37kB)
[img] Text
1 Sampul dalam.docx

Download (41kB)
[img] Text
2 Persetujuan Pembimbing.docx

Download (23kB)
[img] Text
3 Pengesahan ujian skripsi.docx

Download (15kB)
[img] Text
4 Keaslian skripsi- daftar lampiran.docx

Download (30kB)
[img] Text
Bab I - V dan daftar pustaka.docx

Download (105kB)
[img] Text
Lampiran 1- 44.docx

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran 36 - 39.docx

Download (42kB)

Abstract

Nurhidayat. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Skripsi. Di bimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj.St. Kasmawati, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bawakaraeng kota Makassar ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini yakni guru dan murid dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian seorang guru dan 37 murid kelas V SD Inpres Bawakaraeng, yang terdiri 16 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendeskripsikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran group investigation memberikan kesempatan kepada murid untuk memecahkan atau menangani suatu permasalah dalam pembelajaran IPA secara mandiri, serta dapat mengatur cara pembelajarannya secara mandiri yang lebih memberi kesan bagi murid setelah menemukan pemecahan dalam pembelajaran. Sehingga nilai hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V mengalami peningkatan yang pada siklus I berada pada kategori belum tuntas sedangkan pada siklus II berada pada kategori tuntas. Selain itu penerapan model pembelajaran group investigation menggunakan waktu yang sangat efisien pada setiap topik pembelajaran, dengan demikian penerapan model pembelajaran group investigasi dinyatakan dapat meningkatkan nilai hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:52
Last Modified: 27 Nov 2023 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34807

Actions (login required)

View Item View Item