PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID KELAS V SDN MANURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

HAISAH (2023) PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID KELAS V SDN MANURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (25kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (100kB)
[img] Text
pro icha.docx

Download (814kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (25kB)

Abstract

Haisah 2016. Penerapan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Murid Kelas V SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Muslimin, M.Ed dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd,.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman murid kelas V SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Sedangkan tujun dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode PQ4R dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman murid kelas V SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang dingunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tipa siklus 3 kali pertemuan dengan tahapan : perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah metode PQ4R dan Keterampilan Membaca Pemahaman murid kelas V SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan langkah-langkah Preview (membaca selintas engan cepat), Question (bertanya atau membuat pertanyaan), Read (membaca kembali), Reflect (refleksi), Recite (menanyakan pada diri sendiri), dan Review ( mengulang secara menyeluruh). Subjek penelitian yaitu 1 orang guru dan 34 orang murid kelas V SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar terdiri dari 13 orang laki-laki dan 21 oran perempuan. Teknik Pengumpulan data dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, yaitu dilihat dari rata-rata nilai pada siklus I yaitu kategori tinggi dan juga rata-rata nilai yang dipeorleh pada siklus II meningkat namun kategorinya tetap pada kategori tinggi. Begitu juga dengan hasil penelitian observasi aktivitas guru dan murid, aktivitas mengajar guru pada siklus I dan siklus II kategori baik , kemudian aktivitas belaja murid pasa siklus I dan siklus II kategori baik juga. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya keterampilan membaca pemahaman pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian penerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman murid SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:43
Last Modified: 27 Nov 2023 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34806

Actions (login required)

View Item View Item