PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKAKELAS V SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR

FITRI RAHMADANI SYAMSU (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKAKELAS V SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL, dll revisi tutup 16-5.docx

Download (78kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING setelah tutup.docx

Download (40kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (45kB)
[img] Text
dapus.docx

Download (19kB)
[img] Text
DATA HASIL BELAJAR SISWA S1 fix.docx

Download (28kB)
[img] Text
DATA HASIL BELAJAR SISWA siklus 2 fix insyaallah.docx

Download (26kB)

Abstract

FITRI RAHMADANI SYAMSU. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd, pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan hasil belajar Matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hasil observasi guru pada siklus I pertemuan pertama berada pada kategori Cukup (C), dan pertemuan kedua berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II persentase aktivitas guru meningkat, pertemuan pertama kategori Baik (B), dan pertemuan kedua kategori Sangat Baik (SB). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama berada pada kategori Cukup (C), dan pertemuan kedua berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat, pertemuan pertama kategori Baik (B), dan pertemuan kedua kategori Sangat Baik (SB). Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Peningkatan itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori sangat rendah, sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat tinggi dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:44
Last Modified: 27 Nov 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34793

Actions (login required)

View Item View Item