PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES TANGKALA 1 KOTA MAKASSAR

NI’MATULLAH JUFRI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES TANGKALA 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DLL.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB I-IV.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (27MB)

Abstract

NI’MATULLAH JUFRI, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Tangkala 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah ini menelaah pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Tangkala 1 Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Tangkala 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Tangkala 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental. Sampel penelitian yaitu kelas VA dengan jumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t dua sampel dependent (paired sampel t-test) dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Nilai terendah dan tertinggi pretest yaitu 10,00 dan 70,00 sedangkan nilai terendah dan tertinggi posstest yaitu 60,00 dan 90,00. Nilai median saat pretest yaitu 39 sedangkan nilai median pada posttest yaitu 70,9. Nilai modus pada saat pretest yaitu 36,57 sedangkan nilai modus pada saat posstest yaitu 63,35. Adanya peningkatan rata-rata hasil belajar keterampilan menulis pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Tangkala 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:10
Last Modified: 27 Nov 2023 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34790

Actions (login required)

View Item View Item